Interaction Design (IXD)

Interaksi Design, mungkin anda asing mendengar interaksi design. Interaksi Design merupakan bagaimana mendesain produk yang interakaktif sehingga pengguna yang memakai desain tersebut tidak kebingungan untuk berinteraksi. Pembuat design juga memikirkan matang-matang tentang bagaimana permintaan pengguna, supaya produk mereka dapat disukai oleh masyarakat.






Terdapat 12 komponen penysusn Interaksi Design, yaitu :


1. Application Design
    Merupakan sebuah proses yang sangat penting untuk membuat perangkat lunak yang akan dibuat dan proses ini melibatkan berbagai percobaan dengan pengumpulan sampel kemudian mendesain sebuah aplikasi untuk memenuhi aspek bisnis yang sudah ditetapkan sehingga tercapailah sebuah tujuan application design.

2. Navigation Design
  Adalah model konseptual dari bagaimana informasi terstruktur dan terorganisasi, dan bagaimana pengguna akan mendapatkan itu semua. Kategori, subkategori dan hubungan diantaranya.

3. Invention Design
   Merupakan sebuah Invention berarti adalah sebuah ide, konsep atau desain untuk sebuah device baru atau yang telah ditingkatkan, produk atau proses yang ada sebagai informasi konkrit di dalam sebuah bentuk deskripsi, sketsa atau model. Jadi seorang Inventor mempunyai banyak ide untuk produk baru atau peningkatan terhadap proses yang sudah ada. tetapi ini bukan merupakan sebuah penemuan sampai ide-ide telah berubah menjadi sesuatu yang nyata, seperti gambar atau prototipe dengan potensi aplikasi praktis.

4. Scenario Design
   Adalah sebuah gambaran dari interaksi seseorang dengan sebuah system. Skenario membantu upaya dari fokus design terhadap kebutuhan pengguna yang jauh berbeda dari persyaratan dalam teknik atau bisnis. Scenario mungkin berkesinambungan dengan use-case yang menggambarkan interaksi pada level seorang teknisi. Tidak seperti use case, Scenario Design dapat dimengerti oleh orang yang tidak memiliki latar belakang teknik.

5. Design Simulation
    Dengan tujuan membantu para produsen memvalidasi dan menguji sebuah fungsi produk yang masih dalam tahap pengembangan, sebaik seperti dalam tahap manufaktur sebuah produk. kata “simulation” seringkali merujuk pada Computer aided Engineering (CAE). selama bertahun tahun, banyak dari pendekatan simulasi desain menjadi komponen standar dari pengembangan produk di banyak industri, dan terus tumbuh dengan kepentingan komputer yang murah,terjangkau dan lebih cepat, Software Design Simulation memungkinkan pengguna untuk beradaptasi dengan aplikasi dan teknologi yang baru.

6. Sound Design
   Adalah proses menentukan, memperoleh, memanipulasi atau menghasilkan elemen audio. Hal ini digunakan dalam berbagai disiplin ilmu termasuk pembuatan film, produksi televisi, teater, rekaman suara dan reproduksi, live performance, seni suara, pasca produksi, radio dan video game pengembangan perangkat lunak. Desain suara paling sering melibatkan manipulasi sebelumnya terdiri atau rekaman audio, seperti efek suara dan dialog. Dalam beberapa kasus mungkin juga melibatkan komposisi atau manipulasi audio untuk menciptakan efek yang diinginkan atau suasana hati. Seorang desainer suara adalah orang yang melatih seni desain suara.

7. Usability Engineering
  Usability Engineering berfokus pada design dari user interface pada efektifitas presentasi interaktif dari banyak informasi dan fungsi-fungsi teknik. Lebih kini, manajemen dari tujuan dari usability telah diperluas ke aktifitas pengembangan software yang lain, secara khusus untuk kebutuhan analys dan system environment

8. Design Control
  Dengan menunjuk penerapan dari sebuah metodologi formal untuk pelaksanaan kegiatan pengembangan produk. Hal ini sering dianjurkan (oleh peraturan) untuk mengimplementasikan seperti ketika merancang dan mengembangkan produk dalam industri yang diatur .

9. Ubiquitous Computing (UbiComp)
   Merupakan konsep dalam rekayasa perangkat lunak dan ilmu komputer di mana komputasi dibuat untuk muncul kapan saja dan dimana saja. Berbeda dengan komputer desktop, Ubicomp dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat apapun, di setiap lokasi, dan dalam format apapun. Seorang pengguna berinteraksi dengan komputer, yang bisa dalam berbagai bentuk, termasuk komputer laptop, tablet dan terminal di benda-benda sehari-hari seperti kulkas atau sepasang kacamata.
Teknologi yang mendasari untuk mendukung ubicomp termasuk ; Internet, middleware canggih, sistem operasi, kode ponsel, sensor, mikroprosesor, I/O dan antarmuka pengguna baru, jaringan, protokol mobile, lokasi dan posisi dan material-material baru.

10. Interactive Environtme
    Interactive Environtment adalah istilah yang digunakan untuk mengkategorikan benda dari media barbasis komputer yang menginstruksikan, mengkomunikasikan dan menghibur sebagai hasil dari aksi user. bentuknya bermacam-macam, baik itu web, animasi video dan lain sebagainya.

11. Media Installation
     Merupakan penanaman perangakt lunak ke dalam sebuah komputer sehingga user dapat mengoperasikan perangkat lunak tersebut. Digital media teknologi telah membuka peluang baru dan menarik dalam dunia desain. Media Desain mengeksplorasi beragam cara orang berinteraksi dengan teknologi digital saat ini – melalui pengalaman web, komunikasi visual dan audio, ditambah dan virtual reality, game dan media mobile. Daerah ini menyajikan tantangan khusus untuk desainer, menangani masalah komunikasi, bekerja, bermain dan kehidupan sehari-hari di bidang ini berkembang pesat.

12. Interface Design
    Adalah gaya visual pada layar. Seperti apa hal yang terlihat, bagaimana mereka ditata dan bagaimana hal tersebut berkesinambungan satu dengan yang lain secara visual di dalam sebuah hierarki. Pemilihan font, skema warna, elemen grafis, button dan styling menu semua termasuk dalam ranah interface Design.


Sumber : 


Comments

Popular posts from this blog

Dibalik Desain Logo dan Sejarah Permen Chupa Chups

Desain Logo dan Sejarah Walmart*

Produk terlaris pada perusahaan Walmart dan Chupa Chups