Interaction Design (IXD)
Terdapat 12 komponen penysusn Interaksi Design, yaitu :
1. Application Design
Merupakan sebuah proses yang sangat penting untuk membuat perangkat lunak yang akan dibuat dan proses ini melibatkan berbagai percobaan dengan pengumpulan sampel kemudian mendesain sebuah aplikasi untuk memenuhi aspek bisnis yang sudah ditetapkan sehingga tercapailah sebuah tujuan application design.
2. Navigation Design
Adalah model
konseptual dari bagaimana informasi terstruktur dan terorganisasi,
dan bagaimana pengguna akan mendapatkan itu semua.
Kategori, subkategori dan hubungan diantaranya.
3. Invention Design
Merupakan sebuah Invention
berarti adalah sebuah ide, konsep atau desain untuk sebuah device
baru atau yang telah ditingkatkan, produk atau proses yang ada
sebagai informasi konkrit di dalam sebuah bentuk deskripsi, sketsa
atau model. Jadi seorang Inventor mempunyai banyak ide untuk produk
baru atau peningkatan terhadap proses yang sudah ada. tetapi ini
bukan merupakan sebuah penemuan sampai ide-ide telah berubah menjadi
sesuatu yang nyata, seperti gambar atau prototipe dengan potensi
aplikasi praktis.
4. Scenario Design
Adalah sebuah gambaran
dari interaksi seseorang dengan sebuah system. Skenario membantu
upaya dari fokus design terhadap kebutuhan pengguna yang jauh berbeda
dari persyaratan dalam teknik atau bisnis. Scenario mungkin
berkesinambungan dengan use-case yang menggambarkan interaksi pada
level seorang teknisi. Tidak seperti use case, Scenario Design dapat
dimengerti oleh orang yang tidak memiliki latar belakang teknik.
5. Design Simulation
Dengan tujuan membantu para produsen
memvalidasi dan menguji sebuah fungsi produk yang masih dalam tahap
pengembangan, sebaik seperti dalam tahap manufaktur sebuah produk.
kata “simulation” seringkali merujuk pada Computer aided
Engineering (CAE). selama bertahun tahun, banyak dari pendekatan
simulasi desain menjadi komponen standar dari pengembangan produk di
banyak industri, dan terus tumbuh dengan kepentingan komputer yang
murah,terjangkau dan lebih cepat, Software Design Simulation
memungkinkan pengguna untuk beradaptasi dengan aplikasi dan teknologi
yang baru.
6. Sound Design
Adalah proses
menentukan, memperoleh, memanipulasi atau menghasilkan elemen audio.
Hal ini digunakan dalam berbagai disiplin ilmu termasuk pembuatan
film, produksi televisi, teater, rekaman suara dan reproduksi, live
performance, seni suara, pasca produksi, radio dan video game
pengembangan perangkat lunak. Desain suara paling sering melibatkan
manipulasi sebelumnya terdiri atau rekaman audio, seperti efek suara
dan dialog. Dalam beberapa kasus mungkin juga melibatkan komposisi
atau manipulasi audio untuk menciptakan efek yang diinginkan atau
suasana hati. Seorang desainer suara adalah orang yang melatih seni
desain suara.
7. Usability
Engineering
Usability Engineering berfokus pada design
dari user interface pada efektifitas presentasi interaktif dari
banyak informasi dan fungsi-fungsi teknik. Lebih kini, manajemen dari
tujuan dari usability telah diperluas ke aktifitas pengembangan
software yang lain, secara khusus untuk kebutuhan analys dan system
environment
8. Design Control
Dengan menunjuk penerapan
dari sebuah metodologi formal untuk pelaksanaan kegiatan pengembangan
produk. Hal ini sering dianjurkan (oleh peraturan) untuk
mengimplementasikan seperti ketika merancang dan mengembangkan produk
dalam industri yang diatur .
9. Ubiquitous
Computing (UbiComp)
Merupakan konsep dalam
rekayasa perangkat lunak dan ilmu komputer di mana komputasi dibuat
untuk muncul kapan saja dan dimana saja. Berbeda dengan komputer
desktop, Ubicomp dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat apapun,
di setiap lokasi, dan dalam format apapun. Seorang pengguna
berinteraksi dengan komputer, yang bisa dalam berbagai bentuk,
termasuk komputer laptop, tablet dan terminal di benda-benda
sehari-hari seperti kulkas atau sepasang kacamata.
Teknologi yang
mendasari untuk mendukung ubicomp termasuk ; Internet, middleware
canggih, sistem operasi, kode ponsel, sensor, mikroprosesor, I/O dan
antarmuka pengguna baru, jaringan, protokol mobile, lokasi dan posisi
dan material-material baru.
10. Interactive Environtme
Interactive Environtment adalah istilah yang digunakan untuk mengkategorikan benda dari media barbasis komputer yang menginstruksikan, mengkomunikasikan dan menghibur sebagai hasil dari aksi user. bentuknya bermacam-macam, baik itu web, animasi video dan lain sebagainya.
11. Media Installation
Merupakan penanaman perangakt lunak ke dalam sebuah komputer sehingga user dapat mengoperasikan perangkat lunak tersebut. Digital media
teknologi telah membuka peluang baru dan menarik dalam dunia desain.
Media Desain mengeksplorasi beragam cara orang berinteraksi dengan
teknologi digital saat ini – melalui pengalaman web, komunikasi
visual dan audio, ditambah dan virtual reality, game dan media
mobile. Daerah ini menyajikan tantangan khusus untuk desainer,
menangani masalah komunikasi, bekerja, bermain dan kehidupan
sehari-hari di bidang ini berkembang pesat.
12. Interface Design
Adalah gaya visual
pada layar. Seperti apa hal yang terlihat, bagaimana mereka ditata
dan bagaimana hal tersebut berkesinambungan satu dengan yang lain
secara visual di dalam sebuah hierarki. Pemilihan font, skema warna,
elemen grafis, button dan styling menu semua termasuk dalam ranah
interface Design.
Sumber :
Comments
Post a Comment