Dibalik Desain Logo dan Sejarah Permen Chupa Chups

Siapa yang tak tahu dengan permen lolipop ? Pasti semua pernah merasakan manisnya permen itu. Kali ini penulis akan membahas tentang permen lolipop yang bernama Chupa Chups. Adalah Enric Bernat yang menciptakan permen gagang manis berbentuk bulat pada tahun 1958. mengapa di buat dengan menggunakan gagang ? Yang namanya anak-anak adalah anak-anak, mereka dapat memakan banyak permen dalam sehari, sehingga ketika mereka berbicaran dengan teman sebayanya, kadang terdengar tidak jelas dan samar, orang tua juga terkadang melarang anak-anak memakan permen dengan bentuk bulat (tidak bergagang) karena dapat merusak gigi mereka. Untuk itu diciptakanlah permen yang dapat disimpan setiap saat pada saku anak-anak dengan bungkus permen yang bisa disembunyikan dan tidak diketahui oleh orengtua mereka. Enric pun penciptakan produk dengan selogan “dapatkah menikmati makanan yang manis dengan menggunakan gagang”.


Dari selogan tersebut timbulah ide untuk membuat nama permennya, yaitu permen bernama “GOL” membayangkan goal yang ada di pertandingan sepakbola, karena goal itu menandakan sukacita dan kegembiraan (yang manis). Namun sebutan 'GOL' tersebut tidak bertahan lama, karena tidak memenuhi apa yang ada dibenak anak-anak. Karena tujuan pasarnya anak-anak, maka Enric tak kenal diam untuk berfikir mencari nama yang unik dan gampang diingat oleh semua kalangan masyarakat. Terciptalah nama permen “Chupa Chups” yang dalam bahasa Spanyol menjilat-jilat.


 Pembuatan logo Chupa Chups tidaklah mudah, banyak perubahan terjadi pada desain logo Chupa Chups. Akan tetapi tidak merubah aksen warna merah yang terdapat pada kata 'Chups'. Dialah Salvador Dali, sang pembuat logo Chupa Chups yang melegenda dan populer sampai saat ini. Dengan aksen berwarna merah dan kuning, menandakan Salvador menghargai bendera dan budaya Spanyol, maka dari itulah logo Chupa Chups berwarna merah dan kuning seperti warna yang dimiliki bendera spanyol. Perusahaan Chupa Chups kemudian mempatenkan logo yang dimilikinya. Karena logo tersebut memiliki ciri khas yang unik dan berwarna cerah dan sederhana



Bahan Bacaan :


Comments

Popular posts from this blog

Produk terlaris pada perusahaan Walmart dan Chupa Chups

Desain Logo dan Sejarah Walmart*