Desain Logo dan Sejarah Walmart*

Pada pembahasan kali ini mengenai Color Emotion Guide pada sebuah perusahaan. Kali ini saya akan membahas tentang perusahaan Walmart beserta logo yang dimilikinya. Pertama saya akan membahas tentang perusahaan Walmart. Walmart merupakan perusahaan retail terbesar didunia yang didirikan oleh seorang Sam Walton pada tahun 1962, Arkansas, Amerika Serikat. Perusahaan ini terus berkembang di berbagai negara, pernah beroperasi di negara indonesia, tepatnya di daerah Tangerang, namun pada tahun 1998 perusahaan walmart ditutup karena krisis moneter yang terjadi pada negara Indonesia yang dianggap tidak menguntungkan bagi perusahaan Walmart.

Dengan strategi pemasaran yang baik, Walmart merupakan perusahaan dengan pendapatan terbesar menurut majalah global. Dengan menerapkan strategi “Everyday Low Price” Walmart merauk untung tertinggi dibandingkan dengan perusahaan yang ada di Amerika.

Dari segi desain logo, Walmart mengalami lima kali perubahan logo. Dimulai tahun 1962, 1964, 1968, 1981, 1992 dan terakhir tahun 2008 sampai saat ini. Berikut adalah transformasi perubahan logo yang terjadi pada perusahaan walmart.

Pada tahun 1962



Pada logo diatas merupakan logo pertama walmart dengan huruf kapital dianggap terlalu sederhana dan tidak dapat menarik perhatian masyarakat. Masyarakat mengira itu hanya toko biasa, karena tidak ada selogan yang membuat menarik perhatian dan mengandung kata-kata persuasif yang dapat membujuk masyarakat untuk berkunjung dan membeli produk di walmart.


Pada tahun 1964 



Perubahan terjadi lumayan signifikan, kata dipisah menjadi wal-mart. Perubahan font tidak terlalu berpengaruh pada saat itu. Perubahan warna juga sangat mencolok, dari biru menjadi hitam. Meskipun warnanya netral dan balance, efek font menjadi perhatian yang tidak seimbang dengan warna.

Pada tahun 1968 



Perubahan logo diatas sangatlah signifikan, dengan menambahkan selogan “We Sell For Less Statsfaction Quaranteed” dan “Discount Country” memberikan rayuan tersendiri bagi para customer.
  
Pada tahun 1981



Terjadi perubahan warna yang mencolok dan memberikan arti yang kuat dan menunjukan eksistensi perusahaan Walmart. Perubahan ini mengadopsi dari logo tahun 1964 dengan hanya merubah font dan warna. Namun dapat memberikan kesan yang menarik bagi customer.


Pada tahun 1992




Kali ini logo nampak jauh lebih berbeda dan elegan, terdapat perubahan warna kembali dan menyisipkan simbol bintang di sela-sela logo walmart. Bintang mempunyai arti yang sangat luas, filosofi bintang yang tinggi di angkasa dan bersinar, perusahaan walmart menyebut dirinya sebagai perusahaan yang memiliki segalanya dari segi keuangan dan produk sehingga melampaui perusahaan retail manapun.

Pada tahun 2008 sampai sekarang

Pada logo saat ini terdapat font yang berbeda dari sebelumnya, dengan menggunakan huruf kapital di huruf pertama dan diikuti huruf kecil pada logo walmart. Memberikan kesan yang simpel jelas. Warna pada logo walmart memberikan nuansa yang kuat dan terpercaya. Keumudian transformasi simbol bintang yang tadinya ditengah-tengah kalimat sekarang menjadi di akhir kalimat. Dan berwarna hijau, memberikan kesan natural dan lembut. Tata letak bintang yang di akhir logo walmart memberikan kesan 'notice' bahwa ini adalah walmart dengan segala kesuksesan yang diraih. Selanjutnya terdapat selogan 'Save Money. Live Better' memberikan kesan bahwa belanja di walmart itu sangat murah dan membuat hidup jadi lebih baik. Selogan itu memberikan makna yang membujuk sehingga customer berbondong-bondong belanja di walmart.



Sumber bahan bacaan :

Sumber Logo :

Comments

Popular posts from this blog

Dibalik Desain Logo dan Sejarah Permen Chupa Chups

Produk terlaris pada perusahaan Walmart dan Chupa Chups