Desain Logo dan Sejarah Walmart*
Pada pembahasan kali ini
mengenai Color Emotion Guide pada sebuah perusahaan. Kali ini saya akan
membahas tentang perusahaan Walmart beserta logo yang dimilikinya. Pertama saya
akan membahas tentang perusahaan Walmart. Walmart merupakan perusahaan retail
terbesar didunia yang didirikan oleh seorang Sam Walton pada tahun 1962,
Arkansas, Amerika Serikat. Perusahaan ini terus berkembang di berbagai negara,
pernah beroperasi di negara indonesia, tepatnya di daerah Tangerang, namun pada
tahun 1998 perusahaan walmart ditutup karena krisis moneter yang terjadi pada
negara Indonesia yang dianggap tidak menguntungkan bagi perusahaan Walmart.
Dengan strategi pemasaran yang
baik, Walmart merupakan perusahaan dengan pendapatan terbesar menurut majalah
global. Dengan menerapkan strategi “Everyday Low Price” Walmart merauk untung
tertinggi dibandingkan dengan perusahaan yang ada di Amerika.
Dari segi desain logo, Walmart
mengalami lima kali perubahan logo. Dimulai tahun 1962, 1964, 1968, 1981, 1992
dan terakhir tahun 2008 sampai saat ini. Berikut adalah transformasi perubahan
logo yang terjadi pada perusahaan walmart.
Pada tahun 1962
Pada logo diatas merupakan logo
pertama walmart dengan huruf kapital dianggap terlalu sederhana dan tidak dapat
menarik perhatian masyarakat. Masyarakat mengira itu hanya toko biasa, karena
tidak ada selogan yang membuat menarik perhatian dan mengandung kata-kata
persuasif yang dapat membujuk masyarakat untuk berkunjung dan membeli produk di
walmart.
Pada tahun 1964
Perubahan terjadi lumayan
signifikan, kata dipisah menjadi wal-mart. Perubahan font tidak terlalu
berpengaruh pada saat itu. Perubahan warna juga sangat mencolok, dari biru
menjadi hitam. Meskipun warnanya netral dan balance, efek font menjadi
perhatian yang tidak seimbang dengan warna.
Pada tahun 1968
Perubahan logo diatas sangatlah
signifikan, dengan menambahkan selogan “We Sell For Less Statsfaction
Quaranteed” dan “Discount Country” memberikan rayuan tersendiri bagi para
customer.
Pada tahun 1981
Terjadi perubahan warna yang
mencolok dan memberikan arti yang kuat dan menunjukan eksistensi perusahaan
Walmart. Perubahan ini mengadopsi dari logo tahun 1964 dengan hanya merubah
font dan warna. Namun dapat memberikan kesan yang menarik bagi customer.
Kali ini logo nampak jauh lebih
berbeda dan elegan, terdapat perubahan warna kembali dan menyisipkan simbol
bintang di sela-sela logo walmart. Bintang mempunyai arti yang sangat luas,
filosofi bintang yang tinggi di angkasa dan bersinar, perusahaan walmart
menyebut dirinya sebagai perusahaan yang memiliki segalanya dari segi keuangan
dan produk sehingga melampaui perusahaan retail manapun.
Pada logo saat ini terdapat
font yang berbeda dari sebelumnya, dengan menggunakan huruf kapital di huruf
pertama dan diikuti huruf kecil pada logo walmart. Memberikan kesan yang simpel
jelas. Warna pada logo walmart memberikan nuansa yang kuat dan terpercaya.
Keumudian transformasi simbol bintang yang tadinya ditengah-tengah kalimat
sekarang menjadi di akhir kalimat. Dan berwarna hijau, memberikan kesan natural
dan lembut. Tata letak bintang yang di akhir logo walmart memberikan kesan
'notice' bahwa ini adalah walmart dengan segala kesuksesan yang diraih.
Selanjutnya terdapat selogan 'Save Money. Live Better' memberikan kesan bahwa
belanja di walmart itu sangat murah dan membuat hidup jadi lebih baik. Selogan
itu memberikan makna yang membujuk sehingga customer berbondong-bondong belanja
di walmart.
Comments
Post a Comment